Bussines Plan Kue Cubit
BUSSINESS
PLAN
KUE
CUBIT
Nama Usaha :
D’CUBITIN
Alamat :
Jl. KH Noer Ali, Kalimalang Bekasi (samping Universitas Gunadarma)
No. Tlp :
081283868085
Motto :
Dijalanin aja, Insyaallah berkah.
Sosial media : D.Cubitin
Pengajuan Proposal Oleh :
Efiyanah Akhiroh (20218002)
Iis Nur Ajizah (23218228)
Sifa Rafdhania Fatikasari (26218713)
1EB16
FAKULTAS EKONOMI JURUSAN AKUNTANSI
UNIVERSITAS GUNADARMA
2018/2019
PENDAHULUAN
1.1
Sejarah Berdirinya Usaha
Saat ini banyak jenis makanan yang
tersedia. Dari yang murah sampai yang mahal. Selera masyarakat saat ini pun
berbeda, masyarakat lebih memilih makanan yang cenderung unik dan berbeda
tetapi tetap menomor satukan rasa. Masyarakat juga senang dengan
jajanan-jananan sekolah yang ada pada jaman dulu sehingga kita seakan diajak
bernostalgia pada saat zaman bersekolah dahulu. Banyak jajanan-jajanan zaman
dulu yang telah ditransformasikan menjadi jajanan yang berbeda dan lebih
menggugah selera. Seperti contohnya lidi-lidian, rambut nenek, permen kapas,
kue cubit, dan masih banyak lagi.
Dari sini kami bisa melihat peluang
bisnis yang terbuka. Kami bisa mengembangkan bisnis jajanan zaman dahulu yaitu
kue cubit. Kue cubit tentu sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat umum.
Kue cubit merupakan jajanan zaman sd yang banyak digemari masyarakat. Harganya
yang murah dan rasanya yang enak membuat kue cubit memliki banyak peminat.
Belum lagi bentuk-bentuk nya yang unik membuat kue cubit semakin digemari.
Selain itu kue cubit juga bisa di inovasikan dengan campuran rasa-rasa adonan
yang berbeda seperti green tea, red velvet, bubble gum, taro, dan lain-lain. Dan
juga varian topping yang banyak seperti oreo, keju, milo, permen caca, dan
meses.
Dengan landasan tersebut, kami
berniat untuk merintis usaha kue cubit, dan usaha tersebut kami beri nama,
yaitu “D’CUBITIN”. Dengan harapan masyarakat akan tertarik untuk membeli kue
cubit kami dan merasa ketagihan untuk membelinya lagi, lagi, dan lagi.
1.2
Visi dan Misi
·
Visi
Menjadikan atau mengingatkan masyarakat
luas tentang jajanan kuliner tradisional khas indonesia dengan mengadakan pendekatan
kepada msyarakat bahwa kue cubit adalah cemilan yang sehat, enak dan
mengenyangkan serta dapat diolah dengan berbagai rasa dan toping.
·
Misi
1. Membangun usaha kue cubit yang banyak diminati
2. Membuat banyak inovasi varian rasa yang
berbeda
3. Membuat kue cubit yang berkualitas
4. Menjadikan kue cubit menjadi cemilan yang
berkelas
5. Memperoleh keuntungan yang besar dari
penjualan kue cubit
ASPEK
PEMASARAN
2.1 Gambaran Umum Pasar (STP)
Ø Segmen Pasar
Konsumen
yang menjadi segmen usaha kami merupakan anak-anak, remaja, dan dewasa bisa
laki-laki ataupun perempuan yang dapat mengkonsumsi produk kami. Dan dapat
dijangkau oleh pelajar, Mahasiswa, dan masyarakat sekitar kampus.
Ø Target Pasar
Setelah
memetakan pasar, tahap tageting seperti namanya adalah membidik target market
yang telah kita pilih dalam analisa segmentasi pasar. Dalam hal ini tentu saja
serangkaian program pemasaran yang dilakukan harus pas dengan karakteristik
pasar sasaran yang hendak kita tuju.
Target pasar yang dituju oleh produk
kue cubit terbagi dalam dua segmen yaitu:
a.
Kalangan
remaja dan dewasa dengan aktivitas yang dinamis
b.
Mahasiswa
yang cenderung ingin menikmati kue cubit bersama teman, sahabat ataupun kekasih
Ø Positioning
Kue
cubit biasanya di jual di depan sekolah atau di pinggir jalan oleh pedagang
kaki lima dan dipandang kue biasa oleh masyarakat. Namun disini kami membuat
kue cubit yang beda dari yang lain dan lebih ekslusif namun dari segi harga
dapat terjangkau. Kue cubit kami berbeda dari kue cubit yang lain. Kue cubit
kami memiliki berbagai macam rasa dan warna. Rasa kue cubit yang biasanya hanya
rasa original saja, disini kami membuat kue cubit dengan rasa Green Tea, Bubble
Gum, Taro, Red Velvet, dan Strawberry. Strategi pemasaran dapat melalui
broadcast, di media sosial seperti facebook, instagram, twitter dan lain-lain.
2.2 Permintaan
|
Bulan
|
Perkiraan
Permintaan
(Dalam
Porsi)
|
|
Januari
|
500
porsi
|
|
Febuari
|
500
porsi
|
|
Maret
|
350
porsi
|
|
April
|
550
porsi
|
|
Mei
|
500
porsi
|
|
Juni
|
600
porsi
|
|
Juli
|
600
porsi
|
|
Agustus
|
400
porsi
|
|
September
|
500
porsi
|
|
Oktober
|
500
porsi
|
|
November
|
600
porsi
|
|
Desember
|
650
porsi
|
2.3 Pendapatan
|
Bulan
|
Perkiraan
Pendapatan
(Dalam
Bulan)
|
|
Januari
|
Rp
6.000.000
|
|
Febuari
|
Rp
6.000.000
|
|
Maret
|
Rp
4.200.000
|
|
April
|
Rp
6.600.000
|
|
Mei
|
Rp
6.000.000
|
|
Juni
|
Rp
7.200.000
|
|
Juli
|
Rp
7.200.000
|
|
Agustus
|
Rp
4.800.000
|
|
September
|
Rp
6.000.000
|
|
Oktober
|
Rp
6.000.000
|
|
November
|
Rp
7.200.000
|
|
Desember
|
Rp
7.800.000
|
2.4 Modal
|
Biaya Tetap
|
Etalase
|
Rp 12.000
|
|
|
Panci besar
|
Rp 87.000
|
|
Mixer
|
Rp 500.000
|
|
|
Cetakan
|
Rp 100.000
|
|
|
Kompor gas
|
Rp 240.000
|
|
|
Peralatan lain-lain
|
Rp 440.000
|
|
|
|
Rp 1.384.000
|
|
|
Biaya Variabel
|
Telur
|
Rp 93.000
|
|
|
Gula pasir
|
Rp 23.000
|
|
Tepung terigu
|
Rp 100.000
|
|
|
Margarine
|
Rp 60.000
|
|
|
Lain-lain
|
Rp 66.000
|
|
|
|
Rp 342.000
|
Modal awal : Rp 1.384.000
+ Rp 342.000 = Rp 1.726.000
2.5
Keuntungan
|
Bulan
|
Keuntungan
|
|
Januari
|
Rp 6.000.000
– Rp 1.726.000 = Rp 4.274.000
|
|
Febuari
|
Rp 6.000.000
– Rp 342.000 = Rp 5.658.000
|
|
Maret
|
Rp 4.200.000
– Rp 342.000 = Rp 3.858.000
|
|
April
|
Rp 6.600.000
– Rp 342.000 = Rp 6.258.000
|
|
Mei
|
Rp 6.000.000
– Rp 342.000 = Rp 5.658.000
|
|
Juni
|
Rp 7.200.000
– Rp 342.000 = Rp 6.858.000
|
|
Juli
|
Rp 7.200.000
– Rp 342.000 = Rp 6.858.000
|
|
Agustus
|
Rp 4.800.000
– Rp 342.000 = Rp 4.458.000
|
|
September
|
Rp 6.000.000
– Rp 342.000 = Rp 5.658.000
|
|
Oktober
|
Rp 6.000.000
– Rp 342.000 = Rp 5.658.000
|
|
November
|
Rp 7.200.000
– Rp 342.000 = Rp 6.858.000
|
|
Desember
|
Rp 7.800.000
– Rp 342.000 = Rp 7.458.000
|
2.6 Bauran Pemasaran
1.
Product ( produk )
a.
Variabel Product
Produk yang akan kami jual hanya ada satu variabel saja, yaitu
hanya kue cubit dengan berbagai macam rasa seperti, green tea, bubble gum, red
velvet, taro, strawberry.
b.
Kualitas
Kualitas yang kami tawarkan berdasarkan bahan-bahan yang terjamin
kebersihannya agar menciptakan cita rasa yang enak.
c.
Desain
Desain yang kami buat untuk ke cubit kami adalah kue cubit yang
berbentuk bunga.
d.
Fitur
Fitur produk
yang kami ciptakan yaitu kue cubit berbentuk bunga dengan diatasnya terdapat
berbagai topping.
e.
Nama Merk
Nama merk yang
kami pakai untuk usaha kue cubit ini adalah “D’CUBITIN”
f.
Kemasan
Kemasan yang
kami pakai adalah mika berbahan plastik yang dilengkapi dengan kertas nasi
berwarna coklat.
g.
Ukuran
Ukuran kue
cubit kami sesuai dengan cetakan.
2.
Harga
a.
Daftar Harga
Harga produk yang kami jual adalah:
Rasa
-
Original : Rp 8.000
-
Green
Tea : Rp 10.000
-
Bubble
Gum : Rp 10.000
-
Taro : Rp 10.000
-
Red
Velvet : Rp 10.000
-
Strawberry : Rp 10.000
Topping (+2.000)
-
Messes
-
Keju
-
Oreo
-
Milo
-
Permen
caca
Keterangan: isi dalam kemasan 6 kue cubit dan varian rasa dan
topping bisa dicampur dalam satu bungkus.
b.
Diskon
(potongan harga)
Kami mencoba strategi potongan harga yaitu dengan memberi diskon
apabila ada yang membeli kue cubit kami dalam jumlah 5 porsi dengan mendaptkan
potongan harga sebesar 10.000 atau bisa juga dengan menambahkan 1 porsi kue
cubit.
3.
Promosi
a.
Periklanan
Kami melakukan pemasaran produk kami dengan mengirimkan broadcast
berupa tulisan dan gambar dari produk kami melalui jaringan media sosial.
b.
Publisitas
Kami melakukan pemasaran produk kami dengan menggunakan brosur.
c.
Promosi
Penjualan
Kami melakukan pemasaran produk kami dengan mengirimkan broadcast
berupa tulisan dan gambar dari produk kami melalui jaringan media sosial
seperti instagram, facebook, dan twitter. Dan juga dilakukan dengan cara dari
mulut ke mulut.
d.
Penjualan
Langsung
Menjual secara langsung ditempat yang sudah direncakan yaitu
disamping kampus Universitas Gunadarma.
4.
Tempat
a.
Saluran
Kami menerima pesanan melalui pesanan COD (mengantarkan pesanan
kepada konsumen).
b.
Pemasaran
Kami menjual produk kami dengan cara mengirimkan broadcast berupa
tulisan dan gambar ke sosial media dan dengan omongan dari mulut ke mulut.
c.
Lokasi
Lokasi penjualan produk kami adalah di samping kampus Universitas
Gunadarma dan desain tempat penjualan produk kami yaitu menggunakan meja yang dilengkapi
dengan etalase dan terdapat spanduk menarik didepannya.
d.
Persediaan
Kami menyediakan sekitar 5 liter adonan adonan atau sekitar 20
porsi/hari.
e.
Transportasi
Kami
menggunakan alat transportasi motor untuk COD (mengantarkan pesanan kepada
konsumen).
produk lama produk baru




Komentar
Posting Komentar